Definisi Bisnis Franchise

bisnis kuliner

Apa Itu Bisnis Franchise

Bisnis Franchise adalah bisnis di mana pemilik, atau “pemilik waralaba”, menjual hak atas logo, nama, dan model bisnisnya kepada gerai ritel pihak ketiga, yang dimiliki oleh operator pihak ketiga yang independen, yang disebut “penerima waralaba”. Waralaba adalah cara yang sangat umum dalam berbisnis. Nyatanya, sulit untuk mengemudi lebih dari beberapa blok di kebanyakan kota tanpa melihat bisnis waralaba. Contoh model bisnis franchise yang terkenal antara lain McDonalds, Subway, UPS, dan H&R Block. Di Amerika Serikat, ada peluang bisnis waralaba yang tersedia di berbagai industri.

Berinvestasi dalam Bisnis Waralaba Untuk berinvestasi dalam waralaba, penerima waralaba harus terlebih dahulu membayar biaya awal untuk hak atas bisnis, pelatihan, dan peralatan yang dibutuhkan oleh waralaba tersebut. Setelah bisnis mulai beroperasi, penerima waralaba umumnya akan membayar kepada pemilik waralaba pembayaran royalti yang berkelanjutan, baik secara bulanan, triwulanan, atau tahunan. Pembayaran ini biasanya dihitung sebagai persentase dari penjualan kotor operasi waralaba.

Setelah kontrak ditandatangani, penerima waralaba akan membuka replika usaha waralaba tersebut, di bawah arahan pemilik waralaba. Penerima waralaba tidak akan memiliki banyak kendali atas bisnis seperti yang dia miliki atas model bisnis mereka sendiri, tetapi mungkin mendapat manfaat dari berinvestasi dalam merek nama yang sudah mapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *