Dasar Dari Bisnis Franchise

bisnis kuliner

Banyak jenis franchise ada saat ini, di berbagai industri yang terus berkembang. Diperkirakan lebih dari 120 industri berbeda menggunakan waralaba. Restoran dan persembahan makanan masih menjadi bagian terbesar, tetapi saat ini waralaba bahkan telah berkembang di pasar perawatan kesehatan dan layanan medis rumah.

Dari perspektif hukum, waralaba pada dasarnya terdiri dari jenis lisensi tertentu yang diberikan oleh satu pemilik bisnis ke pemilik bisnis lainnya. Pada intinya, waralaba sebenarnya adalah tentang hubungan pemilik waralaba dengan penerima franchise.

Pemilik waralaba melisensikan nama dagang dan metode operasinya, yang berarti sistem berbisnisnya, kepada penerima waralaba, dan penerima waralaba setuju, sebagai bagian dari kesepakatan, untuk berbisnis sesuai dengan ketentuan lisensi.

Peran Pemilik Franchise

Pemilik Franchise memberikan banyak bentuk dukungan bisnis kepada penerima franchise, sementara juga menjalankan kendali atas beberapa elemen operasi penerima waralaba sesuai kebutuhan, untuk melindungi kekayaan intelektualnya dan memastikan bahwa penerima waralaba mematuhi pedoman mereknya.

Sebagai imbalan atas penggunaan kekayaan intelektual dan penyediaan dukungan bisnis, penerima waralaba biasanya membayar pemilik waralaba satu kali biaya waralaba awal dan biaya royalti berkelanjutan, yang mencakup penggunaan nama dagang dan metode operasi pemilik waralaba.

Pemilik waralaba mengambil sedikit atau tidak ada peran dalam pengelolaan bisnis sehari-hari dari penerima waralaba karena penerima waralaba adalah operator independen, bukan pemberi kerja bersama dengan pemilik waralaba.

Untuk alasan ini, meskipun pemilik waralaba dapat memberikan panduan tentang praktik terbaik sumber daya manusia, misalnya, penerima waralaba bebas untuk mempekerjakan, memberi kompensasi, menjadwalkan, menetapkan standar dan praktik pekerjaan, dan mendisiplinkan staf mereka tanpa masukan apa pun dari pemilik waralaba. Meskipun fitur seperti seragam dan proses penyiapan makanan merupakan bagian dari standar merek sistem, tingkat pembayaran atau jam yang dijadwalkan berada di bawah kendali penerima waralaba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *